Salah satu kunci sukses pembangunan rumah Anda adalah memilih bakal bahan dewan yang tepat. Bila Kau menggunakan pemborong untuk membuat rumah Kau, sebagian gede pemilihan benda bangunan dijalani oleh kontraktor. Namun demikian, ada baiknya Kau juga memahami bagaimana pemborong memastikan poin bahan yang digunakan.

Ramal

Pasir untuk bahasa sistem sipil kerap disebut sebagai agregat halus (sebagai kontras kerikil, yang disebut agregat kasar). Standar partikel pasir kurang atas 5 mm. Pasir dalam bangunan berdasar pada garis besar dibedakan sebagai ramal hitam dan pasir warna putih. Pasir hitam biasanya untuk pekerjaan struktur dan sering disebut ramal beton. Ramal putih yang lebih halus cocok untuk pekerjaan plesteran. Pasir yang baik kudu bebas dr tanah, lumpur, dan kotoran organik.

Kau dapat melaksanakan tes sedang untuk menjajaki kualitas pasir: Taruh sekitar pasir dalam telapak tangan, gosok-gosok dan buang. Periksa telapak tangan Anda. Pasir yang indah tidak akan menempel pada telapak tangan.

Kerikil

Kerikil alias agregat lecak adalah kinerja dari pemecahan batu muluk. Anda menggunakan kerikil utk pekerjaan semen. Ukuran kerikil pada umumnya adalah diameter 10mm, 20mm dan 40mm. Untuk tingkah laku balok dan kolom griya tinggal, kerikil yang dipakai umumnya ialah yang berukuran 10mm dan 20mm.

Kerikil harus rusuh, kuat dan bebas atas tanah sendat, lumpur, bakal organik serta bahan ganjil lainnya.

Bata

Bata yang baik tampak halus, liat dan terbakar matang mengacu pada merata (namun tidak terlalu matang oleh karena itu gosong). Bentuk dan ukurannya harus terpadu.

Untuk menuduh kualitas bata, ketuk-ketuklah secara logam. Bata yang baik akan menyembulkan suara berdentum logam yang nyaring. Kalau dijatuhkan dari ketinggian satu meter, bata yang elok juga bukan pecah.

Keramik

Memilih ubin keramik kiranya adalah seksi yang tersulit karena terselip ribuan ragam, ukuran, seperti, bentuk serta kualitas. Kau tidak akan sudah salah bila memilih ubin berwarna netral seperti putih jual bahan bangunan atau krem muda. Apabila memilih corak yang semakin mencolok, konsultasikan dengan pencipta Anda bagi keserasiannya menggunakan elemen lain dari rumah.



Ubin ada dalam berbagai ukuran, dari mulai 20x20cm, 25x25cm, 30x30cm, 45x45cm sampai 60x60cm. Pembawaan ubin rata-rata dibedakan sama produsen sejajar KW1 (paling baik), KW2 (sedang), serta KW3(jelek). KW1 adalah ubin sempurna tanpa cacat, elok retakan, rona atau luas. KW3 didefinisikan sebagai ubin murba. Bila Kau memiliki kiriman, usahakan memilih ubin KW1. Namun, kalau dana terbatas, ubin KW2 pun tetap bisa merupakan lantai yang baik jika dipasang pada tepat.

Ubin keramik tersedia yang berglazur (mengkilap) & tidak. Ubin berglazur dibuat dari campuran zona liat yang dipres, lalu lapisan glazur diterapkan di bagian atas serta dipanggang. Ubin berglazur tersedia dalam high-gloss, matte, dan kasar.