Bagaimana kita menyikapi ini seluruh? Apalagi apabila ada tata acara untuk investasi Mesin Percetakan Cina yang mungkin dihadapan kita waktu ini ada kira-kira penawaran dari beberapa agen/supplier Mesin Percetakan Cina. Berdasarakan wawancara kita dengan Iis Supriadi, sekaligus Alumni SMT Grafika Tanah air Putera serta Alumni Perguruan Teknologi Grafika Trisakti Jakarta, memberikan kurang lebih tips:

1. Referensi:

Mintalah referensi terhadap teman ataupun rekan usaha anda yang pernah mengulak produk Perangkat Cetak & Mesin Internet digital Cina. Tanyakan bagaimana sepanjang ini mempergunakan mesin itu apakah penuh masalah, gimana pelayanan service/teknisi, sparepart tersedia apa tidak, kalau perangkat tersebut rupawan dimana saya dapat membelinya, kalau mesti siapa salesnya yang masuk akal terhadap perangkat yang beta beli. Kepustakaan dari pengguna mesin Cina ini berarti, sebab kepuasan orang unik akan aku jadikan teladan untuk mampu membeli mesin tersebut. Tanyakan juga menurut agen/penyalur alat/mesin Cina dimana dan buatan jumlah masyarakat alat/mesin hingga saat ini.

2. Demo produksi:

Mintalah demo produk agar kita kian jelas lawan alat/mesin yang ditawarkan mendapatkan kita, plus setelah kita mendapatkan rujukan rekomendasi sekarang saya sendiri yang akan membuktikannya dengan demo produk perabot Cetak Internet online, kalau demi minta tampil gratis (karena ada pun yang memeras down payment 20-30 bayaran baru siap demo, & kalau pembelian batal DP hangus). Presentasikan juga dalam demo ityu operator / teknisi yang independent atau orang keyakinan kita bagi menilai tampil tersebut.

3. Jaminan purna jual:

Mintalah jaminan purna jual berona garansi spare part & garansi service mesin Percetakan Digital yang biasanya gratis selama jangka waktu tertentu, & tanyakan ketersediaan sparepart dan teknisi sesudah masa taruhan habis/selesai. Utk bahan suara miring biasanya alat/mesin Cina yang dijual adalah copy paste dari alat/mesin yang telah ada produk Jepang alias Jerman, pastikan mesin itu sudah tidak sedikit dipasaran Indonesia. Artinya apabila ada sparepart yang saya butuhkan nantinya bisa dikenakan di alat/mesin Cina alias sebaliknya. (Sebagai contoh jika anda mengulak alat/mesin cetak TOKO cina mungkin bukan perlu riuh terhadap ketersediaan sparepart, karena sparepart provinsial banyak tersedia, selain stok sparepart atas agen alat/mesin Plotter Outdoor & Plotter Indoor Cina tersebut tentunya).

4. Martabat:

Harga didefinisikan sebagai salah satu keterangan kita utk berinvestasi saat Mesin Cetak & Jentera Digital Cina, biasanya harganya setengah alias lebih daripada mesin hasil Jepang, dan tiga alias empat kesempatan dari pangkat alat/mesin rekaan Jerman. Lebih dari itu setara beserta alat/mesin Second. Alasan inilah yang lazimnya digunakan untuk investasi perangkat baru dibanding dengan mesin second soalnya lebih tertutup atas memilikinya garansi service dan sparepart Plotter Outdoor & Plotter Indoor. Non lupa tanyakan juga komposisi pembayaran yang dapat dijalani apakah cash atau tenggang, karena umumnya untuk pembayaran tempo lebih menarik bagi yang ingin investasi ataupun tambah mesin, ini dijalani karena usaha percetakan gak hanya pas satu unit mesin pula, tetapi siap tiga potongan yaitu seksi persiapan, sesi produksi serta bagian mesin cetak offset finishing/jilid yang masing punya beragam macam alat/mesin Percetakan Digital. Ataupun pembayaran cash yang biasanya mendapatkan discount khusus.

5. Analisis Perumpamaan Persaingan:



Lakukan analsis pedoman dengan penJual Plotter perabot ex-negara berbeda nya atau merek yang lain atau lebih dari itu mesin Cap Digital second-hand, bandingkan eksplisit dan rendah atas 4 faktor diatas. Kemudian saatnyalah untuk mengambil keputusan.