Bisa dipastikan pada setiap hari orang2 menyapu dan mengepel rumah. Namun belum tentu sebulan sekali mencabut perlengkapan serta perabotan rumah yang tersedia. Padahal perlengkapan rumah yang jarang dirawat dan dibersihkan akan menimbun banyak tepung dan siap menimbulkan penyaki saluran pernafasan.



Berikut kurang lebih petunjuk mencabut perabotan & perlengkapan rumah:

Karpet: Katifah hendaknya setiap hari dibersihkan dengan menyerot debunya dengan alat penghisap debu. Apabila tidak meraup alat penghisap debu, dipastikan angkat karpet keluar rumah dan dipukul dengan sapu lidi terlintas debunya berterbangan. Bila permadani terkena tumpahan minyak bubuhi dengan talk, biarkan beberapa lama pertama kemudian disikat dengan rampas nilon. Kalau terkena tumpahan kopi alias teh guyur dengan sikat basah, maka itu kotorannya berkurang.



Kaca: Sekitar perabotan dan perlengkapan keluarga biasanya menggunakan kaca. Dapat meja hias, meja tamu, lemari jauh dan sebagainya. Semprotkan terlebih dahulu dengan enceran pembersih kristal, kemudian siram dengan sikat kering. Mulailah dari seksi bawah terus kebagian buat secara searah. Bila tidak mempunyai sabun kaca, cobalah dengan menggunakan sobekan selebaran yang dibasahi dengan air. Setelah kotorannya hilang baru bersihkan sedang dengan sikat kering.

Peranti: Mebel sanggup terbuat dari tambang, plastik logam maupun kusen. Mebel yang terbuat dari rotan perlu sewaktu-waktu dibasahi menggunakan air, olehkarena itu rotan kering mudah pecah-pecah. Sebelum dicuci dengan uap deterjen, laplah terlebih lalu debu yang melekat saat rotan menggunakan lap lelap. Sesudah itu keringkan ditempat yang banyak udara. Mebel yang terbuat dari logam cukup dibersihkan dengan tirta sabun, setelah debunya dihilangkan terlebih lepas. Mebel mulai katu bisa dibersihkan pada lap lazim. namun kalau mebel penuh ukiran, oleh sebab itu gunakan sisir untuk membersihkannya. Debu lazimnya menempel pada celah-celah ukiran. Agar kian mudah melenyapkan gunakan kuas yang jual perlengkapan rumah dibubuhi terpentin.

Vitrage dan Selir: Bersihkan selir sekurangnya seminggu sekali dengan menyedot debunya mempergunakan vacum cleaner. Namun, bila sangat kotor selir dan vitrage harus dicuci dengan cara merendamnya dengan detergen. Biarkan beberapa tenggat hingga kotorannya lepas sehabis itu segar dibilas sekaligus kemudian dijemur.

Rumah yang bersih & tidak berdebu selain merapikan, juga tentu akan benar nyaman kira penghuninya. Walaupun diperlukan lumayan tenaga dan waktu dalam mencapainya akan tetapi hasilnya setimpal dengan kenyamanan yang didapat sesudahnya.